Langsung ke konten utama

Web 2.0 : Ideal untuk Brand Awareness




Banyak yang bertanya-tanya, apa sih Web 2.0? (biasa dilafalkan sebagai Web Two Point Zero). Web 2.0 bukanlah satu set teknologi walaupun banyak teknologi terlibat di dalamnya tetapi satu set filosofi yang terdiri dari:
  • Kontribusi pengguna (user generated or contributed content),
  • Keterbukaan (openness) dan
  • Antarmuka yang baik (rich interfaces).
Banyak situs sudah mencirikan user generated content dimana semua isi dari situs tersebut dibuat oleh pengguna itu sendiri, contohnya wikipedia.org , flickr.com, del.icio.us, technorati, dan youtube.com. Situs-situs ini berkembang karena pengguna mengirimkan isi ke situs-situs tersebut. Adanya saling berbagi antarsesama pengguna membuat lalu lintas situs menjadi lebih besar dan dapat menjaring konsumen lebih banyak lagi. Ciri ini disebut sebagai social networking. Contoh situs dengan konsep social networking yang sukses adalah friendster.com dan myspace.com.

Dengan banyaknya pengguna mengirim artikel sendiri, video atau gambar sendiri, situs menjadi lebih terbuka untuk siapa saja (konsep openness), dari kalangan mana saja dan dari umur apa saja (yang penting bisa pake internet) sehingga target pengguna dapat dikelompok-kelompokkan dan banyak variasi pengguna internet dengan tingkah laku (behaviour) tertentu bisa dikumpulkan.

Nah, jika merk (brand) tertentu membuat situs dengan konsep Web 2.0, dijamin beberapa waktu ke depan jika strategi pemasaran situs bagus, maka pengguna dapat berkontribusi dan "diikat" (engage) untuk loyal terhadap brand tersebut. Penyampaian kampanye pun bisa lebih mudah karena pengguna dapat dikategorikan menjadi segmen-segmen tertentu sehingga memudahkan dan mengefisiensi pencapaian tujuan kampanye dengan mengirim email blast atau sms blast ke pengguna tertentu sesuai dengan target kampanye.

Komentar

infogue mengatakan…
terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://web-2-0.infogue.com/
http://web-2-0.infogue.com/web_2_0_ideal_untuk_brand_awareness

anda bisa terus promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.