Langsung ke konten utama

Tip-tip aman berselancar di website medis

Tip-tip aman berselancar di website medis

Jika Anda mencoba mencari informasi medis untuk pribadi atau seseorang yang Anda cintai dan Anda tidak cukup beruntung mendapatkan akses pada seorang staf perpustakaan riset profesional, apa yang akan Anda lakukan ?

Fitur regular "Empowered Patient" dari koresponden CNN Medical News Elizabeth Cohen membantu Anda menjadi pengemudi dalam layanan kesehatan. Asumsi "Empowered patient", Anda telah mengetahui dasar pencarian internet yang baik : situs .gov/.go dan .edu/,ac dapat dipercaya, begitu pula pusat kesehatan medis utama dan organisasi-organisasi kesehatan, contohnya mayoClinic.com, www.pom.go.id, www.IDIonline.org.

Menurut Jan Guthrie, direktur The Health Resource, layanan riset medis berbayar, ada lebih banyak yang dapat Anda lakukan.
Bagi yang pencari internet yang masih haus, berikut beberapa tips agar menjadi peselancar andal :

1. Gunakan mesin pencari yang menyaring 'sampah' bagi Anda
Ada banyak 'sampah' di intenet. Menurut Alan Sielman, CEO dari URAC, sebuah perusahaan yang mensertifikasi website kesehatan, di luar sana ibarat wild, wild, west. Anda harus benar-benar siaga bila mengunjungi situs di internet.

Gunakan mesin pencari untuk melihat hanya situs-situs profesional yang telah diakui oleh para profesional kesehatan, seperti medlineplus.gov dan imedix.com. Healhfinder.gov mencari informasi pada website kesehatan pemerintah.

2. Temukan blogger pintar untuk penyakit Anda
Beberapa blogger melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menautkan sumber spesifik ke penyakit Anda.

3. Investasikan 39 menit di dalam tutorial pubmed.gov
Pubmed.gov mencari literatur medis, tapi secara intuitif lengkap. Waktu yang berguna untuk belajar bagaimana menggunakannya melalui toturial. Gugup karena Anda tidak paham istilah teknis dalam artikel medis ? Tidak perlu. Guthrie menyarankan membaca awal studi sampai akhir. Kesimpulan akan memberitahukan kepada Anda apakah penanganan dalam studi itu efektif, moderat atau sama sekali tidak efektif.

4. Klik informasi tentang pertemuan tahunan
Misalnya Anda baru didagnosis kanker payudara. Anda perlu mengunjungi asco.org, situs American Society for Clinical Oncology dan lihat informasi tentang penanganan kanker payudara terkini yang didiskusikan dalam pertemuan tahun lalu. hal ini memotong informasi karena informasi yang dipresentasikan di dalam konferensi 6-12 bulan sebelum dipublikasikan dalam jurnal medis.

5. Jika Anda ragu-ragu tentang sebuah website, klik "about us"
Biasanya jelas siapa yang mengelola sebuah website. Kadang-kadang tidak. Klik pada "about us" seharusnya menjelaskan hal ini. Dengan mengetahui siapa di balik informasi yang Anda baca (khususnya jika mereka berusaha menjual sesuat pada Anda), membantu Anda mengevaluasi apakah informasi ini bias. Jika Anda tidak dapat mengetahui gambaran yang menjalankan situs itu, jangan gunakan !

Ada 2 hal paling berharga sebagai saran :
1. Gunakan sumber intenet secara kombinasi.
2. jangan harapkan internet menyembuhkan penyakit Anda. Informasi di internet tidak menyembuhkan kanker Anda. Hal ini hanya mengarahkan Anda pada dokter terbaik dan pilihan terbaik.

Sumber : CNN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.