Langsung ke konten utama

Terbukti : kaitan antara commond cold dengan infeksi telinga

Sebuah studi baru selama 5 tahun di Universitas Texas Medical Branch mengkonfirmasi hubungan dekat antara 2 penyakit umum pada anak-anak muda yaitu flu dan infeksi telinga.

Studi yang muncul di dalam jurnal Clinical Infectious Disease edisi 15 maret 2008, mengkonfirmasi kecurigaan hubungan dekat ini kedua penyakit ini. Juga mengidentifikasi virus berkaitan dengan angka lebih tinggi pada infeksi telinga.

Dr. Tasnee Chronmaitree, dokter spesialis penyakit infeksi anak yang menjadi peneliti utama, mengatakan bahwa pemahaman bagaimana virus dan infeksi telinga berkaitan akan membantu kita menemukan jalan untuk mencegah infeksi telinga. Untuk mematahkan hubungan itu, Anda harus pertama-tama memahaminya. Infeksi telinga adalah daya dorong di belakang resitensi antiobiotika, sebuah isu medis yang mengganggu.

Chromaitree telah mempelajari infeksi telinga (otitis media) lebih dari 2 dekade. Menurutnya, orang tua dapat memberikan perlindungan terbaik bagi anaknya dengan menghindari paparan dari anak yang sakit dan memastikan anak-anak mereka sudah divaksinasi influenza. Dia menyarakan bahwa anak akan berkurang paparan terhadap virus bila mereka berhubungan dengan sedikit teman-teman mereka.

Chronmaitree dan koleganya melibatkan 294 anak-anak berumur 6 bulan sampai 3 tahun selama hampir 1 tahun. Peneliti mendokumentasikan sekitar 1.300 kejadian flu dan 61% angka komplikasi infeksi telinga termasuk adanya cairan dalam telinga tengah, yang dapat menyebabkan masalah pendengaran. Para peneliti juga mengidentifikasi tipe virus penyebab flu (adenovirus), virus pernapasan dan coronavirus yang kebanyakan didapatkan pada infeksi telinga.

Chronmaitree menjelaskan lebih lanjut bahwa pentingnya orangtua mengusahakan lebih untuk melindungi anak mereka terkena flu karena kita sekarang tahu bahwa flu (commond cold) adalah prekursor infeksi telinga. Hindari paparan dari anak atau orang dewasa sakit, hindari main di tempat umum (jika mungkin) dan jika tidak memungkinkan, pilih tempat yang sedikit orang lain.

Chronmaitree jug merekomendasikan penggunaan vaksin influenza, satu-satunya yang tersedia untuk infeksi virus pernapasan, yang saat ini tersedia untk anak di bawah 6 bulan. Obat antivirus juga dapat mencegah infeksi telinga yang berkaitan dengan influenza.

Chronmaitree dan koleganya akan melanjutkan mempelajari peranan virus pada infeksi telinga dengan tujuan menemukan jalan pencegahan penyakit. National Institute of Health (NIH) melanjukan pendanaan sehingga memungkinkan peneliti mempelajari anak-anak yang dilahirkan dengan variasi genetik yang lebih mudah mendapatkan infeksi telinga dan interaksi gen dengan lingkungannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.