Langsung ke konten utama

Perang Retail Apotek di Amerika : Era Akuisisi, Merger, dan Kerugian


Semua merger dan akuisisi farmasi baru-baru ini yang telah terjadi dalam 5 tahun terakhir saja antara 3 tiga apotek rantai telah membuat ini layak untuk dirangkum.

CVS Health telah mengalami perubahan portofolio yang cukup besar, dengan mengubah namanya berkali-kali dalam dekade terakhir, dari CVS ke CVS / Caremark, hingga sekarang CVS Health. Merefleksikan bahwa penekanan pada kesehatan, CVS telah menginvestasikan akuisisi ke dalam beberapa bisnis yang menarik. Mereka pindah ke apotek Target, dan mereka membeli Omnicare untuk masuk ke pasar LTC. Tapi mereka juga mencari Aetna, yang jika dimainkan, akan menjadi pengganggu signifikan di bidang ini, menggabungkan apotek, PBM, dan perusahaan manajemen perawatan kesehatan di bawah satu bisnis. Tidaklah mengherankan bahwa banyak orang berpikir itu bisa menjadi kemenangan besar bagi pasien atau berpotensi pengembangan yang memprihatinkan, tergantung pada bagaimana segala sesuatunya berjalan.

Walgreens telah mengambil model yang berbeda dan tetap cukup tertarik pada pasar farmasi saja. Membeli Duane Reade, Boots, dan memperoleh bagian-bagian Rite Aid akan membawa mereka menjadi rantai farmasi terbesar di Amerika Serikat. Itu belum tentu semuanya emas. Walgreens menginginkan semua Rite Aid, tetapi karena kekhawatiran, mereka tidak dapat membeli semuanya dan harus membatalkan kesepakatan. Melihat untuk memperluas model bisnis mereka, mereka juga membeli Drugstore.com dan Beauty.com untuk meningkatkan wilayah. Ya, Walgreens mengambil beberapa toko Rite Aid (dan kemudian berencana untuk menutup sekitar 200 dari mereka pada tahun 2018), tetapi Alberstons berjalan pergi dengan bagian terbesar.

Siapa Albertsons? Yah, mereka punya sejarah panjang dalam bisnis farmasi, yang menurut saya menarik. Bisnis supermarket terbesar kedua di AS (di belakang Kroger) dengan perusahaan termasuk Safeway, Acme, Shaw, dan lainnya, mereka sudah memiliki apotek mereka, termasuk Osco. Yang tidak saya ketahui adalah bahwa Alberstons dulu memiliki apotek yang berdiri sendiri di luar toko makanan, Osco, dan Apotek Sav-on. Ini mereka dijual ke CVS kembali pada tahun 2006. Sekarang, kami memiliki Alberstons kembali menjadi apotek yang berdiri sendiri lagi, 12 tahun kemudian. Sekarang, akuisisi / penggabungan ini akan menghasilkan nama baru. Saya tidak tahu nama baru, tetapi kemungkinannya adalah nama Rite Aid tidak akan mati dan akan tetap digunakan dalam mode. Saya yakin mereka tidak akan menyingkirkan sistem manajemen farmasi Rite Aid, tetapi mengembangkannya ke seluruh apotek mereka.

Bukan hanya 3 besar yang memiliki berita menarik. Kami juga melihat pendatang baru memasuki pasar. Apakah mereka adalah perusahaan baru yang banyak ditonton untuk membawa angin segar ke pasar yang secara tradisional telah dibayangi oleh 3 besar atau tempat ritel terkait, untuk orang luar yang tidak pernah kami pertimbangkan. PillPack mungkin adalah salah satu start-up yang lebih dikenal yang mengukir ceruk menggunakan kemasan obat yang sudah ada selama beberapa dekade dalam bentuk pasar massal baru. Kapsul, yang berbasis di wilayah New York, adalah juga bisnis farmasi yang berusaha membawa sentuhan personalisasi yang banyak dirasakan hilang (bukan bahwa apoteker independen telah mengatakan ini untuk beberapa waktu sekarang juga). Namun raksasa yang tidak dikenal, Amazon, menakutkan bagi mereka yang mengakar di dunia farmasi.

Dikenal karena kemampuan logikanya yang utama, Amazon telah dipuji (bahkan sebelum menawarkan layanan apa pun) karena mampu merevolusi bidang farmasi. Semuanya dari layanan pengiriman yang lebih cepat, untuk memperluas perawatan pasien, hingga obat-obatan yang lebih murah. Tapi seperti berdiri, banyak pembicaraan ruang belakang dengan sedikit melihat, setidaknya tidak selama beberapa tahun.

Ini adalah era perang farmasi. Kami berdiri di tebing di mana orang-orang di bisnis farmasi memiliki beberapa opsi untuk tetap berada di depan pesaing mereka dalam bidang yang menyusut dan perlu melakukan beberapa hal untuk dijaga, termasuk:

Transparansi Biaya: Apotek akan perlu menunjukkan bahwa mereka tidak menumpuk biaya untuk pasien yang tidak masuk akal. Start-up memasuki bidang ini (Blink Health, GoodRx) karena kurangnya kepercayaan dan transparansi sangat tinggi sehingga mereka dapat memperoleh pasar. Untuk perusahaan farmasi, ini adalah masalah besar. Independen saja berkeringat, apa dengan sedikit penggantian dan terkena biaya dari semua peminat.

Layanan Perawatan Pasien: Ini bukan hanya narkoba, tapi apa lagi? Bagaimana kita dapat meningkatkan kepatuhan pengobatan atau menyediakan layanan klinis yang diinginkan pasien? CVS dan Aetna membawa kemungkinan memperluas layanan apoteker melalui pengujian di dalam toko dan tugas klinis lainnya yang mungkin positif. Tetapi kita tidak bisa hanya mengatakan menawarkan vaksinasi atau MTM sudah cukup belakangan ini.

Logistik dan Kecepatan: Di era layanan on-demand, bagaimana Anda mendapatkan obat untuk pasien lebih cepat? Ya, jendela drive-through adalah revolusioner, mustahil beberapa dekade yang lalu, tapi itu sebelum mentalitas Uber mengambil alih. Menggunakan layanan digital untuk memproses isi ulang dan meminta seseorang membawanya ke pintu Anda dalam beberapa jam adalah target baru. CVS dan Walgreens tahu itu dan ingin melakukannya karena jika Amazon memutuskan untuk mulai mengirim obat, itu hanya akan mengguncang segalanya untuk anggota Prime -nya.

Saya berharap untuk melihat lebih banyak konsolidasi segera. Saya pikir orang-orang independen akan terpukul keras. Perusahaan-perusahaan baru kemungkinan akan membuat istirahat untuk itu dan membuat tanda mereka di pasar, atau hanya berharap diakuisisi oleh usaha luar. Pasien marah tentang biaya dan ketersediaan obat, dan pebisnis cerdas akan menemukan keuntungan di sana.

Share/Save/Bookmark

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga