
Laporan berjudul "Web 2.0 in the Health sector : Industri Review with a UK Perspective" menyimpulkan bahwa aplikasi baru berdasarkan jaringan kesehatan sosial dan konten yang dibuat oleh pengguna layanan kesehatan sendiri, seperti tinjauan ulang dokter dan rumah sakit, akan meningkat cepat dalam menghadapi tantangan sistem kesehatan yang ada dan menciptakan cara baru dalam memberikan layanan kesehatan.
Laporan penelitian menjelaskan detil tentang bagaimana aplikasi teknologi web 2.0 saat ini mengendalikan jauh perubahan dalam sistem kesehatan di Inggris, Amerika dan Eropa, sebuah trend yang dinamakan e-health 2.0. Laporan menjelaskan mereka yang mengabaikan trend e-health 2.0 berisiko kehilangan tahap awal sosial, ekonomi dan pergeseran teknologi dalam perencanaan dan pemberian layanan kesehatan.
Chief Knowlegde Officer di NHS, Sir Murray Gray mengatakan dalam pembukaan laporan bahwa publikasi ini meringkas beberapa efek revolusi dan mengidentifikasi kemana arah revolusi akan mengendalikan di masa depan.



Laporan berargumen bahwa e-health 2.0 akan menjadi pertama dan terutama dikendalikan oleh pelanggan. Kesehatan merupakan salah satu subyek online yang paling dicari secara konsisten. Aplikasi teknologi web 2.0 dalam kesehatan sudah mnejadi tantangan dalam hubungan dokter-pasien dan mulai menempatkan kekuatan lebih besar di tangan pelanggan.
Editor E-Health Insider Research dan penulis laporan, Lindsay Birnsteel mengatakan bahwa walaupun penting, laporan ini bukan sekedar user generated content melalui alat networking seperti wiki, blog, video klip atau mash-up. Teknologi web 2.0 saat ini digunakan sebagai interaksi baru antara pasien dan pemberi jasa pelayanan.
Birnsteel menunjuk UK Service Patient Opinion sebagai standar dalam menghubungkan umpan balik masyarakat ke dalam pengembangan layanan kesehatan. Pandangan publik yang diberikan langsung kepda NHS mendorong perbaikan pelayanan.
Duapuluh perusahaan dan organisasi e-health 2.0 mempimpin sektor yang tumbuh cepat dibuat profilnya melalui kuisioner dan wawancara lanjutan. Profil menghasilkan luasnya jangkauan aplikasi e-health yang telah tersedia. Profil ini juga menghasilkan ilustrasi inovasi dalam layanan kesehatan : dari organisasi yang menghasilkan komunitas online pasien dengan kondisi khusus, alat-alat untuk mengelola penyakit kronik, situs yang menungkinkan pasien menilai mutu layanan yang mereka terima, alat yang memungkinkan para klinisi untuk pencarian yang lebih baik dan berbagi data penelitian.
Laporan ini mengundang para pemimpin dari semua area layanan kesehatan untuk memperhatikan e-health 2.0 yang mulai mendefinisikan kembali praktek dan bisnis dalam layanan kesehatan.
Komentar
belajar dari pengalaman mrk2 yg telah mengadopsi jd jalan lain utk beradaptasi..
salam kenal pak nova,
maaf..saya jarang masuk mybloglog dan blogwalking.. :)
nanti link akan saya update..
Blognya sudah saya link ya...