Teknologi merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Jika farmasi memanfaatkan potensinya atau mengarahkannya (Stefanus Nofa, 2018)
Selama beberapa tahun terakhir, gelombang peningkatan teknologi telah menghantam NHS di Inggris. Mulai dari pelaksanaan robot dispensing obat di rumah sakit hingga mesin yang mengambil tekanan darah di praktik dokter umum, NHS Inggris semakin banyak menggunakan otomatisasi. Di apotek komunitas, teknologi memungkinkan penyimpanan catatan pasien, pengiriman resep melalui Electronic Prescription Service (EPS) dan - dalam beberapa kasus - pengeluaran obat-obatan secara robotik.
Tahun 2015, Keith Ridge, Chief Pharmaceutical Officer untuk Inggris, mengatakan bahwa 'dunia farmasi telah menyerukan perubahan selama bertahun-tahun. “Bintang-bintang” berbaris, dan dengan tegas menunjuk ke arah masa depan klinis dan digital. Tetapi apakah ada sisi yang lebih jahat terhadap munculnya teknologi di sektor ini? Mungkinkah, dengan perbaikan terus-menerus, teknologi bisa hidup lebih lama dr apoteker?
Apoteker Stefanus Nofa melihat bagaimana teknologi membentuk apotek dan apakah sektor tersebut harus merangkul perubahan atau melawan masa depan digital.
Robot diantara Para Apoteker
10 tahun terakhir telah terlihat peningkatan jumlah apoteker yang beralih ke robotika. Jika kata ‘robot’ memunculkan gambar mesin yang menyerupai manusia, kenyataannya agak berbeda. Robot di apotek saat ini mengambil bentuk mesin dispensing, biasanya terbuat dari tangan mekanik.
Paul Mayberry, pemilik tujuh jaringan Apotek Welsh Mayberry Pharmacy, menyadari bahwa jika ia ingin membuat efisiensi dalam bisnisnya dan memanfaatkan apotekernya yang sangat terlatih, dia harus menerapkan proses yang lebih ramping. Jadi delapan tahun lalu, dia membeli dua robot. "Di sebagian besar apotek, apoteker terlibat dalam setiap aspek proses pengeluaran, mulai dari memesan stok hingga memberi label," katanya. "Tapi mereka hanya menambah nilai di dua tempat; pemeriksaan klinis dari resep dan menghabiskan waktu dengan pasien untuk berbicara tentang obat-obatan mereka. Setiap hal lain dapat didelegasikan kepada orang lain, seperti teknisi. " Membebaskan apoteker dari proses pengeluaran obat berarti mereka memiliki lebih banyak waktu untuk mengalokasikan kepada pasien, dan mengurangi tingkat kesalahan pengeluaran.
Mike Holden, mitra utama di perusahaan konsultan Pharmacy Complete, berpendapat bahwa robot dispenser 'hanya menambah nilai ke apotek menengah atau besar', bekerja pada model jaringan (hub). Hingga saat ini, sekitar 20% apotek mengeluarkan lebih dari 10.000 item resep per bulan. Namun, seperti yang dijelaskan oleh Holden, banyak apotek tidak dilengkapi untuk memproses banyak resep. "Kami telah melihat peningkatan 50% dalam resep dalam 10 tahun terakhir melalui apotek dengan sedikit peningkatan sumber daya atau teknologi lain untuk mendukung efisiensi selain robotik dan perubahan kecil dan perbaikan pada sistem PMR," katanya. ‘Saat kami hanya mendapatkan biaya aktivitas sebesar £ 1,29, untuk dapat memberikan sebagian dari itu ke pusat dan membiarkan apotek menjadi juru bicara yang menantang’
Dispensing Obat vs Pelayanan Pasien
Pemberian resep tidak mengecualikan menyediakan layanan yang berpusat pada pasien. Seperti di banyak bidang, teknologi bekerja paling baik ketika melengkapi interaksi manusia, memastikan pasien menerima nasihat yang tepat dan menggunakan obat mereka dengan aman. Tetapi pemotongan dana yang dikenakan pada farmasi komunitas Inggris oleh Pemerintah pada tahun 2016 telah membuatnya 'semakin menantang, baik dari arus kas dan keuangan, hanya untuk membuang', kata Holden. 'Sangat dipertanyakan apakah hub dapat membuatnya bekerja dengan biaya logistik, posting atau pengiriman. "Tapi apakah kita hanya mengirimkan sebungkus pil atau kita menambahkan beberapa nilai untuk itu? Kalau tidak, kami tidak berbeda dengan apotek yang ada di gudang besar, ’tambahnya.
Amazon-isasi' Sektor Farmasi ?
Tampaknya tidak puas dengan ritel yang mendominasi di seluruh dunia, Amazon memicu ketakutan setelah mengumumkan rencananya untuk memasuki industri farmasi AS. Raksasa ritel online Amazon, baru-baru ini mengakuisisi lisensi grosir farmasi di 12 negara bagian, yang berarti dapat menutupi distribusi
peralatan peralatan medis-bedah serta peralatan yang berhubungan dengan perawatan kesehatan lainnya. Di Jepang, pelanggan dapat membeli beberapa obat di situs web Amazon, setelah perusahaan memperluas layanan pengiriman Prime Now pada April 2017. Untuk membeli obat-obatan ini, pasien hanya perlu mengisi formulir online di mana mereka menunjukkan gejala dan riwayat medis mereka. Setelah apoteker memberikan persetujuan mereka, barang dapat dikirim pada hari yang sama.
Dan dengan pasar farmasi Inggris senilai £ 12 miliar per tahun, kemungkinan Amazon juga bisa mengincar sektor di Inggris. Tidak semua orang memusuhi ide itu. Mike Hewitson, apoteker superintenden di Beaminster Pharmacy di Dorset, berpikir bahwa 'jika Amazon ingin memberikan operasi grosir ke apotek, sebagian besar calon pelanggan akan menyambut ini dengan tangan terbuka karena ini adalah cara melestarikan langkah kaki ke apotek'. Harus selalu bersaing langsung dengan mereka karena hanya sedikit yang memiliki bisnis online yang berarti, 'katanya.' Saya telah mendengar berbagai komentator yang mengatakan bahwa kita harus berusaha untuk keluar dari Amazon. 'Amazon memiliki $ 22 miliar dalam bentuk uang tunai. Kami tidak akan memenangkan pertarungan pisau dengan seorang pria dengan senapan mesin. Untuk mengatasinya, kami memerlukan kombinasi yang tepat dari reformasi kontrak, layanan nilai tambah, dan investasi dalam pengalaman pelanggan yang ditingkatkan. 'Apakah Amazon dapat memasuki pasar Inggris masih merupakan pertanyaan yang belum terjawab. Dan bahkan jika itu terjadi, pertanyaan sebenarnya adalah apa yang dapat dilakukan oleh apotek komunitas untuk menghentikan peluncurannya.
Mesin Penjual Obat Otomatis
Pada tahun 2010, perusahaan farmasi Kanada yang kini dibubarkan, PharmaTrust, membawa dua mesin pengeluaran obat ke Inggris, yang diujicobakan di dua toko Sainsbury di West Sussex. Jika hanya sedikit orang yang mendengar tentang mesin-mesin itu, itu karena kurangnya keberhasilan dan penarikan mereka dari pasar. Holden percaya bahwa mesin-mesin tersebut ada di depan waktu mereka dan teknologi tidak memenuhi persyaratan untuk membuat mereka bekerja dengan benar. Sekitar waktu yang sama, Pharmaself24, yang dianggap sebagai pusat koleksi resep otomatis terkemuka di Eropa, memasuki pasar Inggris dan Irlandia. Hanya sebagai ATM memberikan uang tunai, mesin memberikan akses 24 jam ke obat-obatan untuk pasien dalam' aman cara'. Ini juga dilengkapi layar video, memungkinkan pasien untuk berbicara dengan apoteker. Holden berkata: 'Ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan pelayanan lokal farmasi tetapi meningkatkan akses 24/7. Ini tentang memenuhi kebutuhan komunitas yang Anda layani.
Peluang atau Ancaman ?
Teknologi adalah ancaman sekaligus peluang untuk farmasi bergantung pada perspektif orang dan cara penggunaannya. Banyak yang berpendapat bahwa jika itu meningkatkan efisiensi dan keamanan, sambil membebaskan waktu dan memberikan pengalaman pasien yang lebih baik, maka itu positif.
Hewitson berpendapat bahwa mereka yang melihatnya sebagai ancaman lebih cenderung berpikir apotek bertindak sebagai rantai pasokan dan bukan layanan klinis. Menurutnya: 'Orang-orang itu melihat biaya daripada nilai, beberapa di antaranya bisa otomatis. Tapi ini benar-benar dapat meningkatkan limbah dan melemahkan pasien dan profesional.
Merangkul Masa Depan
Mengenai teknologi digunakan untuk media sosial, situs web, komunikasi pro-aktif untuk pasien dan bermitra dengan penyedia layanan kesehatan lainnya, banyak apoteker yang siap untuk menerimanya.
Leon Megginson, dari Louisiana State University, menulis: 'Ini bukan yang paling intelektual dari spesies yang bertahan; itu bukan yang terkuat yang bertahan; tetapi spesies yang bertahan adalah spesies yang paling mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan lingkungan yang berubah di mana ia menemukan dirinya sendiri.
Pada saat apotek berjuang untuk mengatasi tekanan keuangan, teknologi mungkin menjadi bagian dari solusi dan tidak sarana untuk mencapai tujuan atau, memang, tujuan itu sendiri.
Seperti yang dikatakan Mr Hewitson: 'Masalah kami bukanlah teknologi yang akan menggantikan farmasis, tetapi infrastruktur kami yang ada tidak memberikan semacam pengembangan yang harus dilakukan oleh apoteker dan tim mereka terlibat baik dengan profesional perawatan kesehatan lainnya, atau pasien.
Sumber : The Pharmacist, 8 Desember 2017

Komentar