Langsung ke konten utama

Probiotik bermanfaat pada tubuh secara keseluruhan

Dari data studi terbaru menunjukkan manfaat perlindungan dari patogen dan efek anti inflamasi (radang) Bifidobacterium infantis 35624, sebuah strain bakteri probiotik yang asli dari tubuh manusia. Manfaat gastrointestinal probiotik telah didokumentasikan dengan baik tapi lebih banyak penelitian membuka tabir manfaat probiotik pada tubuh secara keseluruhan. laporan ini dipublikasikan di dalam Public Library of Science (PLOS) Pathogen edisi Agustus 2008.

Respon inflamasi adalah bagian kunci perang sistem imun melawan kuman yang masuk tubuh. Respon normal terhadap infeksi sangat cepat dan efektif, namun demikian respon imun kadang-kadang menyebabkan inflamasi dan kerusakan jaringan yang sehat.

Dr. Liam O'Mahony, pimpinan peneliti mengatakan bahwa inflamasi adalah faktor utama sejumlah penyakit kronik yang menyerang jutaan orang dan dapat menyebabkan dampak kesehatan tidak diinginkan. Penelitian terdahulu menunjukkan probiotik Bifidobacterium infantis 35624 berdampak positif terhadap sistem pertahanan dan kebanyakan data terbaru menunjukkan manfaatnya tidak terbatas pada saluran cerna.

Inflamasi berkaitan dengan kondisi yang menyebar luas seperti penyakit inflamasi usus besar, artritis, kolitis diinduksi bakteri, diabetes tipe 1 dan transplantasi organ. Bifidobacterium infantis 35624 sebelumnya menunjukkan kemampuan memodulasi respon inflamasi dalam uji klinis pasien dengan sindroma iritasi usus besar. Data baru menjelaskan manfaat kesehatan tambahan strain probiotik jenis ini.

Studi yang dipublikasi menguji efek penggunaan Bifidobacterium infantis 35624 pada imunitas Salmonella (Salmonella typhimurium), bakteri merugikan yang dapat menyebabkan infeksi usus halus dan memicu respon inflamasi tubuh. Bifidobacterium infantis 35624, strain probiotik yang diisolasi dari jaring saluran cerna manusia sehat, digunakan oleh tikus dalam bentuk bubuk kering beku paling sedikit 3 minggu sebelum infeksi Salmonella. Tikus yang menerima Bifidobacterium infantis 35624 menunjukkan peningkatan jumlah yang dramatis dari sel-sel imun sehingga mengontrol respon sistem imun patogen merugikan dari Salmonella.

Tambahan, data menunjukkan peningkatan sejumlah sel-sel T-regulatory (Treg) atau sel-sel yang menekan penyakit inflamasi dalam kumpulan luas penyakit otoimun. Penggunaan Bifidobacterium infantis 35624 menghasilkan induksi sel-sel Treg ini yang melindungi inang dari inflamasi berlebihan selama terjadinya infeksi. Para peneliti menyimpulkan bahwa pemberian Bifidobacterium infantis 35624 menghasilkan perlindungan tambahan terhadap infeksi, sedangkan pembatasan kerusakan pro inflamasi disebabkan oleh aktivasi sistem imun alami.

Sumber : Medicalnewstoday 26 Agustus 2008.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.