Langsung ke konten utama

Beta bloker dapat mengecilkan hemangioma pada bayi

Dunia Farmasi - Ayah/bunda punya putra/putri yang mengalami tanda lahir yang dikenal dengan nama hemangioma ? Berikut adalah info kesehatan yang muah-mudahan membuka wawasan mengenai penanganan kondisi ini :

Para peneliti mengatakan bahwa obat penurun tekanan darah dapat mengurangi warna dan ukuran pertumbuhan pembuluh darah yang mengurangi keindahan. Pengobatan menggunakan penurun tekanan darah dapat mengecilkan pertumbuhan pembuluh darah abnormal dan yang kadang-kadang mengganggu keindahan pada bayi yang dikenal dengan nama hemangioma. Hasil studi dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine edisi 12 Juni 2008.

Ketika menggunakan propanolol untuk penanganan jantung pada 2 bayi yang juga mempunyai hemangioma, para peneliti Inggris mencatat warna dan ukuran hemangioma berkurang setelah sehari pada kedua bayi. Mereka secara tidak sengaja mengamati bahwa propanolol dapat menghambat fase pertumbuhan hemangioma pada 2 bayi. Menurut Dr Christine Leaute-Labreze dari departement of Pediatric Dermatology di Bordeaux Children's Hospital di Perancis, propanolol diberikan pada 9 pasien tambahan yang menderita hemangioma setelah para orang tua diberikan informed consent.

Hemangioma yang sering terlihat berwarna merah, biasanya ditemukan pada permukaan bagian atas kulit, tapi kadang-kadang tumbuh lebih dalam. Walaupun bukan nonkanker, hemangioma dapat mengganggu penampilan.

Kebanyakan hemangioma tumbuh sekitar umur 9 bulan, menurut Dr. Robin Gehris, kepala Pedicatric Dermatologic Surgery di Children's Hospital of Pittsburgh. Asal usulnya mereka punya kemiripan di dalam jaringan plasenta. Jaringan aktif berkembang sekitar umur 9 bulan, lalu stabil dan kemudian menurun sekitar 10% setiap tahun sampai menghilang, yang tanpa penanganan bisa sampai anak berumur 10 tahun.

Jika hemangioma tumbuh di dekat mata, mulut atau saluran napas, penanganan perlu diberikan. Penanganan yang paling sering untuk hemangioma yang serius adalah kortikosteroid. Pengobatan lain dapat digunakan termasuk vinkristin (pengobatan kemoterapi) dan interferon.

Propanolol adalah pengobatan penurun tekanan darah dari golongan beta bloker. Beta bloker tidak disarakan untuk penderita asma, diabetes atau dikenal mengalami gangguan jantung. Leaute-Labreze menambahkan bahwa tidak satu bayi pun mengalami efek serius dari propanolol, walaupun beberapa mengalami tekanan darah rendah.

Karena saat ini pengobatan yang digunakan memiliki efek samping, beberapa serius, Gehris mengatakan bahwa ide propanolol dapat digunakan sangat menarik karena mereka senantiasa mencari penanganan yang lebih efektif dan lebih aman. Studi ini dilakukan dengan jumlah anak yang sedikit dan tidak terkontrol plasebo. pada beberapa kasus, bayi sudah memperoleh steroid, sehingga kemungkinan reaksi yang terlihat merupakan reaksi tertunda dari steroid.

Leaute-Lebreze mengatakan bahwa para peneliti berencana melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efek propanolol pada hemangioma. Saat ini, penulis studi mengajukan paten penggunaan beta bloker untuk penanganan hemangioma pada bayi. Propanolol merupakan alternatif aman, masuk akal dibandingkan kortikosteroid sistemik dan interferon atau vinkristin dalam hemangioma bayi yangparah. Namun demikian, rasio risiko terhadap manfaat penanganan ini perlu dievaluasi pada hemangioma bayi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.