Langsung ke konten utama

Mengapa Disrupsi itu Penting Dalam Pelayanan Kesehatan


Tren men-disrupsi telah membuat jalan mereka ke kehidupan sehari-hari, dan secara signifikan mengubah cara kita berpikir tentang hal-hal sederhana. Gangguan seperti ponsel cerdas telah menjadi begitu luas, dengan sedikit dorongan balik, bahwa banyak individu yang lebih muda tidak menyadari apa itu telepon rumah. E-pembaca dengan cepat mengambil alih dunia sastra; Namun, beberapa orang lebih lambat meninggalkan buku-buku kertas mereka di belakang.

Industri pelayanan kesehatan juga telah mengadopsi tren disruptif, seperti catatan kesehatan elektronik (EHRs), e-prescribing, dan telehealth. Tren ini telah meninggalkan bentuk kertas tradisional yang mungkin memerlukan peningkatan waktu untuk melacak dan memperbarui.

Disrupsi adalah proses meninggalkan yang terkenal untuk inovatif, dan dapat secara signifikan mengubah suatu kegiatan atau acara. Untuk perawatan kesehatan, mengadopsi teknologi telah bertanggung jawab untuk meningkatkan hasil dan mengurangi tes duplikat di lingkungan rumah sakit.

Selama presentasi utama di Premier Inc’s 6th Annual Specialty Pharmacy Executive Retreat, Nicholas Webb, futuris, CEO teknologi, penemu, dan penulis, mengatakan ada 4 pilar disrupsi :

1. Pilar pertama adalah konsumerisme hiper, yang mengharuskan individu membuang yang lama dan familier untuk sesuatu yang baru.

2. Pilar kedua adalah inovasi yang mengganggu, di mana model lama dihancurkan demi sesuatu yang sama sekali berbeda. Kecenderungan ini terlihat ketika dokter mentransfer semua file kertas mereka ke sistem elektronik, baik karena inisiatif dari Pusat Layanan Medicare dan Medicaid atau kepentingan mereka sendiri.

Setiap inovasi baru dalam perawatan kesehatan akan mengganggu alam, karena dalam proses mengimplementasikan sesuatu yang baru, kita menghancurkan yang lama, menurut sesi tersebut. Untuk perawatan kesehatan, peralihan ini terjadi dalam diagnosis dan pengobatan pada saat intervensi atau kunjungan kantor.

3. Pilar ketiga adalah arsitektur koneksi, yang merupakan konsep bahwa semuanya dapat dihubungkan. Saat ini, jika seseorang membutuhkan kacamata atau lensa kontak, mereka harus mengangkat telepon, memanggil dokter mata, menjadwalkan dan menunggu janji. Pada hari pengangkatan, pasien akan pergi ke kantor, menunggu dokter mata, menunggu 1 hingga 2 jam untuk menerima resep, dan kemudian menunggu untuk menerima kacamata atau lensa kontak.

Namun, karena inovasi baru, pasien dapat menerima pemeriksaan mata gratis secara online, dan kemudian menerima resep dengan cepat melalui Opternative, menurut Webb. Platform online juga memiliki kepuasan pelanggan hampir 100%, yang jauh lebih tinggi daripada kebanyakan kunjungan perorangan.

4. Pilar keempat gangguan yang didiskusikan oleh Webb adalah model ekonomi. Inovasi mengganggu baru ini harus memanfaatkan model ekonomi baru yang mendorong konsumerisasi yang berlebihan. Komunitas pengguna baru juga memiliki tanggung jawab untuk membagikan pendapat mereka untuk meningkatkan penggunaan gangguan, yang mungkin sangat penting di kalangan komunitas dokter.

Sumber : SpecialityPharmacyTimes

Share/Save/Bookmark

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga