Langsung ke konten utama

Kesehatan Digital di Tiongkok


Sistem perawatan kesehatan Tiongkok bergerak cepat ke era digital dengan efisiensi yang lebih tinggi, lebih banyak kenyamanan dan integrasi data untuk ketersediaan informasi kesehatan dan peningkatan kualitas.

Raksasa teknologi tinggi digital, dengan dukungan pemerintah, teknologi pencitraan medis AI baru, dan suntikan keuangan di perusahaan-perusahaan medis sedang memperhatikan revolusi dalam ekosistem medis Tiongkok.


Tencent telah meluncurkan DIGITAL HEALTH CARD di beberapa rumah sakit di Beijing yang terintegrasi dalam APP WECHAT yang menyimpan riwayat medis pasien tetapi juga dapat digunakan untuk membuat janji atau memesan obat-obatan dengan integrasi dompet WeChat untuk membayar atau mendaftarkan biaya asuransi. Alihealth / Alipay dari Alibaba telah mendirikan Farmasi Masa Depan pertama di mana memungkinkan pasien membayar dengan pengenalan wajah jika ada masalah medis.


Bahkan bagi orang asing yang mengunjungi rumah sakit, kemudahan digital dapat dilihat. Ketika tidak mungkin bagi perawat untuk memanggil nama-nama orang asing di masa lalu, sistem pendaftaran digital hanya mengeja nama ketika giliran Anda. Minggu lalu ketika mengunjungi rumah sakit untuk pemeriksaan, penulis juga melihat pemberitahuan privasi, menghapus salah satu karakter di setiap nama di layar menunggu giliran mereka.

Sumber : Technode

Share/Save/Bookmark

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga kesehatan lain

Kemitraan antara Apoteker dan tenaga / staf medik lainnya di rumah sakit (dokter, dokter gigi, perawat, bidan) sudah ada selama ini walaupun kemitraan yang ada belum sebagai “mitra” tetapi Apoteker sering masih sebagai pembantu. Selama ini obat dalam pelayanan kesehatan selalu disebut sebagai unsur penunjang walaupun hampir 80% pelayanan kesehatan diintervensi dengan obat. Hubungan kemitraan seperti ini tidak lepas dari sejarah pelayanan kefarmasian yang dititik beratkan pada produk (membuat, meracik) serta menyerahkan obat kepada pasien. Hubungan interaksi langsung Apoteker dengan pasien sangat jarang dan bahkan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya juga sangat kurang, padahal kemitraan dimulai dengan komunikasi yang baik. Peran dokter yang sangat sentral dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan adanya hambatan komunikasi antara Apoteker dengan staf medik lainnya selama ini menyebabkan kemitraan antara Apoteker dan staf medik masih seperti disebut diatas. De

Twitter dengan Halaman Muka baru

Buat para pecinta Twitter seperti saya , berikut ini ada berita hangat dari Twitter. Twitter mendisain ulang halaman depan bagi pengunjung baru ke Twitter.com. Jika Anda sudah terdaftar, Anda tidak akan melihat tampilan baru, kecuali jika Anda sign ou t dan refresh halaman muka.

IONI mobile layanan Informasi Obat yang Inovatif dari PIONAS BPOM

Sesudah sekian lama tidak mengisi blog dunia farmasi, sudah waktunya, memulai lagi tulisan seputar dunia farmasi dan kesehatan. Kita mulai dengan hasil pertemuan saya diundang Pusat Informasi Obat (PIONAS) BPOM, 28 November 2014 dalam rangka soft launching IONI (Infomatorium Obat Nasional Indonesia). Ada yang tahu dan pernah pake buku IONI sebagai referensi terpercaya dan independen mengenai obat yang beredar di Indonesia ? Hmmm...kalau banyak yang belum saya ulas sedikit dan nanti sy kasih pranala (link) untuk unduh aplikasi mobile nya yang merupakan terobosan baru PIONAS BPOM dalam upaya meningkatkan akses informasi terstandar,  demikian menurut ibu Dra. Rita Endang, Apt, MKes sebagai Plt. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM. Menurut ibu Rita, pengembangan aplikasi IONI melalui aplikasi mobile yang sesuai kebutuhan profesi kesehatan, khususnya Apoteker, sangat mendukung bidang Informasi Obat dan Makanan PIOM dalam melaksanakan layanan informasi obat sejalan denga