Analis kesehatan global IMS membuat prakiraan tatanan dunia pasar farmasi baru untuk tahun 2013, yang menyoroti pemulihan cepat dari negara-negara berkembang.
IMS telah mengelompokkan "pharmerging markets" - termasuk Brazil, Cina, India, Meksiko, Rusia, Korea Selatan dan Turki - daerah-daerah ini dipercaya akan mengalami pertumbuhan yang kuat selama lima tahun mendatang. Menurut IMS, pasar di Cina akan meningkat dari peringkat kelima saat ini di pasar farmasi dunia ke peringkat ketiga pada tahun 2013, sementara Brasil akan naik dua posisi ke delapan dan Rusia akan melompat ke empat posisi menjadi keenambelas.
Baca selanjutnya...
Prediksi pertumbuhan global sebesar 51% untuk sektor farmasi pada tahun 2009 berasal dari tujuh pasar "pharmerging", menurut senior principal IMS Health David Campbell. "Ini merupakan perubahan yang signifikan dari segi dinamika pasar farmasi global," ujar Campbell. "Bahkan mengingat kenyataan bahwa krisis ekonomi yang memukul dengan sektor farmasi global, harapan kami adalah bahwa setidaknya empat dari tujuh pasar akan tumbuh dalam dua digit selama lima tahun. "Tidak ada keraguan bahwa banyak alasan dibalik ini dikendalikan oleh kebijakan pemerintah di masing-masing negara." Campbell mengatakan bahwa pemerintah China adalah contoh hal diatas, yg telah mengulang komitmennya untuk menginvestasikan US $ 120 juta untuk pelayanan kesehatan menghadapi tahun 2013.
IMS juga telah mengidentifikasi bahwa banyak perusahaan telah gagal di masa lalu untuk mengkapitalisasi kesempatan dalam pasar yang sedang berkembang, mengklaim bahwa hanya sepertiga dari 420 bahan kimia baru (New Chemical Entity) telah mencapai tujuh negara tersebut.
Namun demikian, dipercaya bahwa saat ini ada rasa urgensi besar dari perusahaan multinasional seperti Sanofi-Aventis dan GSK, yang telah melangkah maju dengan berinvestasi di daerah-daerah tersebut. "Ketujuh pasar sangat berbeda dan masing-masing memiliki peluang dan tantangan sendiri," kata Campbell. "Kunci keberhasilan di seluruh pasar sedang berkembang adalah kemampuan adaptasi di pasar lokal."
Post Permalink